Rabu, 05 November 2014

Tips Kuliah di Luar Negeri

TIPS KETIKA KULIAH DI LUAR NEGERI
1. Bahasa

Coba kalau dulunya Indonesia yang menjajah hampir seluruh dunia, pasti bahasa Internasional yang digunakan itu bahasa Indonesia.



Nah, bahasa ini faktor paling penting. Bahasa ini yang akan menyelamatkan nyawa kita di negeri orang lain. Tidak ada gunanya kita pintar matematika, kimia, fisika waktu SMA kalau bahasa Inggris kita mengenaskan. Selain bahasa Inggris, ada baiknya kita juga menguasai bahasa ibu dari negara yang hendak dituju. Atau kadang terbalik, orang-orang memilih/mempertimbangkan kuliah di suatu negara karena memahami bahasa ibu dari negara tersebut. 



2. Biaya


Banyak orang berpendapat bahwa biaya harusnya menjadi yang paling pertama untuk diperhatikan kalau ingin kuliah di luar negeri. Untuk kuliah di luar negeri memang membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tarif hidup di sana memang bisa bikin 'mental mahasiswa Indonesia' kita drop.



Biaya untuk kuliah di luar negeri pada dasarnya ada dua. Pertama, biaya sendiri dan kedua adalah biaya orang lain (beasiswa) entah itu biaya tetangga, biaya pemerintah atau biaya perusahaan. Kalau kita tidak mampu secara finansial tapi otak dan mental kita siap bertarung di kurikulum luar negeri, kita bisa mencari beasiswa. Banyak kok beasiswa untuk kuliah di luar negeri, tapi syaratnya juga ketat, tidak seperti syarat menerima bantuan langsung tunai. #plak



Beasiswa pemerintah mungkin yang agak sedikit longgar karena di sana potensi kecurangan sangat besar. Hell yeah, kita sedang membicarakan nepotisme dan korupsi. Makanya banyak anak dari kelas bawah yang berasal daerah yang belum dijangkau KPK harus mengubur dalam-dalam mimpi mereka untuk kuliah di luar negeri karena uang beasiswa dikorupsi. Jangankan untuk luar negeri, beasiswa untuk kuliah di dalam negeri saja dikorupsi.


3. Serius


Serius maksudnya punya semangat dan tekad yang kuat. Mental baja, dan tidak kekurangan stok motivasi. 


4. Kampus


Ini cukup jelas. Kita harus pintar-pintar memilih kampus yang bagus dan cocok dengan diri kita.  



5. Makanan


Ini juga penting. Pastikan kita bisa beradaptasi dengan makanan di negara yang hendak dituju. Kalau memang tidak bisa, sebaiknya memilih negara lain yang makanannya lebih bersahabat bagi lidah dan perut, juga bagi iman kita. Well, kita tahu ada larangan-larangan tertentu bagi agama-agama tertentu.



6. Budaya


Ini sebenarnya berkaitan dengan poin nomor 3 tadi. Seperti film American Pie, beberapa negara (contohnya Amerika) punya budaya yang sangat bertolak belakang dengan yang dianut oleh kita di Indonesia.



Karena itu kita mungkin akan dianggap kuno dan kampungan karena tidak mau melebur dalam budaya di negara lain. Beberapa orang bisa beradaptasi dengan baik sementara beberapa lagi tidak. Makanya saya bilang kehidupan di luar negeri itu keras.



7. Pintar-pintar mencari teman


Ini juga masih terkait dengan budaya sih... Kita harus pintar mencari dan memilih teman. Ada tipe-tipe orang brengsek yang tidak perlu dijadikan teman. Jangan sampai mereka memberikan pengaruh buruk. Jangan sampai pas bangun pagi, kita ternyata ada di klub malam atau pas bangun kita udah ada di penjara.

Sumber : http://www.burungkumkum.com/2014/09/tips-kuliah-di-luar-negeri.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar